Ceritakanlah

Setiap orang mempunyai cerita tersendiri tentang apa yang telah mereka alami. Bertemu dengan hal lain, maka mereka akan menemukan cerita yang berbeda pula. Tidak ada yang tiada berkesan dalam pertemuan, maka dari itu setiap cerita adalah luar biasa.


Bercerita adalah kemampuan yang dimiliki oleh hampir setiap orang. Ibu-ibu arisan mempunyai cara bercerita yang menakjubkan ketika membicarakan tetangga masing-masing. Bapak-bapak di sawah juga mampu menceritakan dengan baik bagaimana tikus menyerang padi mereka hingga menyebabkan gagal panen.


Namun beberapa orang bisa terkendala dalam menampaikan sebuah cerita. Ada beberapa faktor yang menyababkan hal itu terjoradi, diantaranya adalah :

1. Personal yang mendengarkan cerita
2. Dampak terhadap orang yang mendengarkan
3. Belum ketemunya solusi atas problem dari cerita tersebut
4. Faktor non teknis lain


Faktor pertama sangat mempengaruhi seseorang bercerita. Tidak semua orang bisa dipercaya dan mampu menanggapi sebuah cerita. Karena itu, beberapa orang tak bercerita banyak hal karena percaya dengan atau tanpa bercerita tidak akan ada dampak yang berpengaruh. Maka jika ingin mendengarkan sebuah cerita dari seseorang maka jadilah pendengar yang baik untuk tempat bercerita.


Faktor kedua yakni beberapa orang mengalami problem bercerita dikarenakan pendengar tersebut sebagai objek dari cerita tersebut. Hal intu tentu menjadi sulit. Kita lebih selalu ingin menjadi pengatur dari pada menjadi yang diatur. Kita ingin mengatur orang lain agar sesuai keinginan kita, namun ketika kita menceritakan sesuatu kepada orang lain, maka langkah kita akan bisa diketahui dan apa yang akan kita atur sedemikian rupa bisa berubah tidak sesuai keinginan kita.

Untuk problem ketiga dan keempat saya rasa tidak perlu dijelasakan di tulisan saya kali ini. Hehe, Mohon maaf dan terima kasih.

Komentar