Apa mutiara dalam berorganisasi?
Menurut pendapat saya ada satu hal yang membuat mengapa organisasi itu penting. Bukan karena jabatan, keuntungan finansial dan semacam itu lah. Menerka dari cakapnya seseorang berbicara didepan umum, dengan gaya bicara masing-masing yang menjadi ciri khas orang tersebut bagi saya itu adalah sebuah bakat. Dan semua orang berbakat untuk berbicara didepan umum dengan sangat baik. Tergantung dia ingin melatihnya apa tidak. Selama ada keinginan untuk menjadi bisa saya yakin itu semua gampang.
Lalu apa yang kita cari dalam berorganisasi?
Sebenarnya untuk melakukan hal apapun kita tidak usah mencari apa-apa. Ya ikhlas saja. Pokoknya ikhlas dan mau memperjuangkan insyaallah kita akan gampang mendapatkan apapun. Seakan-akan rejeki itu datang sendiri. Bukan apa yang kita inginkan, tapi apa yang kita butuhkan akan mendatangi kita dengan sendirinya.
Dalam organisasi sepanjang saya menjalani dan melihat orang-orang yang sudah sangat fasih dalam berorganisasi mereka lebih mudah dalam memperjuangkan sesuatu. Mereka sudah terbiasa dalam proses lobbiying. Inilah yang kemudian saya sebut sebagai mutiara. Kenapa? Bukankah semua orang bisa negosiasi?

Yang paling bisa membedakan organisatoris dan tidak adalah di proses lobbiying ini. Sebagai mahasiswa, untuk melatih kecakapan dalam berorganisasi adalah dengan organisasi atau berjualan (berwirausaha). Jika anda ingin berwirausaha ya silahkan. Konsepnya sama dengan berorganisasi. Berjualan, menawarkan produk (menawarkan organisasinya), negosiasi harga (negosiasi antara ikut dan gak ikut). 

Komentar